Kamis, 19 Maret 2015

Shopious, Pilihan Cerdas Berbelanja Online

Nama saya Ariyanto. Kesibukan saya sebagai seorang tentor atau pengajar Bahasa Inggris membuat saya tidak punya banyak waktu untuk berbelanja di pusat-pusat perbelanjaan. Kebiasaan menghabiskan waktu berjam-jam di suatu pusat perbelanjaan ataupun mengantri di kasir untuk membayar barang belanjaan telah lama saya tinggalkan. Sekarang saya telah beralih ke sistem belanja online. Bagi saya, kemajuan teknologi seharusnya membuat hidup lebih mudah alias tidak ribet, termasuk dalam hal berbelanja. Adanya internet memberi kita banyak keuntungan dalam berbelanja online, seperti kebebasan dalam memilih barang, efisiensi waktu, serta adanya diskon atau penawaran menarik di berbagai situs belanja online. Intinya, jika ada yang simpel kenapa harus pilih yang ribet, iya nggak?

Sekarang ini telah banyak situs atau website belanja online yang bebas kita pilih. Salah satu metode berbelanja online yang patut diperhitungkan dan menarik perhatian saya adalah berbelanja online melalui website Shopious. Media iklan toko online ini cukup menarik karena menampilkan berbagai toko online dengan kategori produk atau koleksi yang cukup lengkap. Pembeli yang ingin mengorder barang cukup membuat akun atau login di website Shopious untuk membuka halaman barang atau toko. Bagi saya, berbelanja online lewat website ini cukup mudah dan menguntungkan. Produk yang dijualpun memiliki kualitas yang tinggi, baik produk original maupun KW. Berikut video penjelasan singkat tentang Shopious.


Saat mengunjungi suatu situs belanja online, kategori yang terlebih dahulu saya buka adalah produk sepatu untuk pria. Hal ini karena sejak dulu saya sangat senang mengoleksi sepatu. Makanya, saat pertama kali membuka website di http://www.shopious.com/ saya langsung melihat koleksi sepatu di website tersebut. Namun dari sekian banyak produk sepatu untuk pria, saya sangat tertarik dengan Sepatu/Sneakers Vans Era Classic Black/White ukuran US 7 seharga Rp. 650.000 yang ditawarkan oleh toko online PADOLSHOES. Vans memang merek sepatu internasional yang juga terkenal di Indonesia. Kelebihan dari sepatu bermerek ini adalah kulitasnya yang baik dan ringan sehingga tahan lama dan sangat nyaman dipakai. Tampilan sepatu di website Shopious tersebut sangat simpel, namun hal inilah yang membuatnya menarik bagi saya. Warnanya yang dominan hitam akan membuat pemakainya tampak maskulin. Sepatu ini akan sangat cocok bagi saya yang aktif namun ingin selalu terlihat casual atau modis. Memakainya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya.

Saran dan kritik dari konsumen atau pemerhati suatu website belanja online sangat dibutuhkan demi kemajuan website itu kedepannya, tidak terkecuali media iklan toko online Shopious. Makanya, terlepas dari berbagai kelebihan yang dimilikinya, saya tetap ingin memberi masukan tentang beberapa hal, antara lain:
  
1. Detail Barang 
Sekalipun hanya sebagai media pengiklan yang tidak memegang stok barang, Shopious seharusnya mewajibkan semua toko atau penjual barang yang bergabung di Shopious untuk memberikan detail atau gambaran yang sejelas-jelasnya dari produk yang dijual, diantaranya gambar atau foto yang jelas dari segala sisi, ukuran dan warna yang tersedia, bahan, spesifikasi produk, garansi (jika ada), dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar calon pembeli mengetahui gambaran yang jelas tentang suatu produk sebelum membelinya. 

2. Harga yang Tidak Dicantumkan
Entah dengan pertimbangam apa, beberapa toko atau penjual tidak mencantumkan harga dari barang yang dijual. Calon pembeli harus menghubungi si penjual atau penyedia barang terlebih dahulu untuk untuk mengetahui harga barang dengan melakukan penawaran terlebih dahulu. Sayangnya, tidak dicantumkannya harga barang akan membuat calon pembeli enggan atau malas untuk bertransaksi lebih lanjut dan beralih untuk melihat produk lain yang dicantumi harga. Shopious sebaiknya mewajibkan semua toko untuk mencantumkan harga barang yang dijualnya.

3. Pembayaran Secara Cash On Delivery (COD)
Sekalipun pihak Shopious memberikan jaminan keamanan kepada pembeli dalam berbelanja, ada baiknya jika semua toko atau penjual di Shopious memberi pembeli alternatif lain dalam membayar, yaitu melalui metode Cash On Delivery (COD) atau bayar ditempat sebagai salah satu kelebihan berbelanja lewat Shopious. Paling tidak Shopious dapat memfasilitasi para toko atau penjual untuk menerapkan metode pembayaran tersebut. Bagi saya, COD adalah metode pembayaran yang paling aman dalam berbelanja online. Hal ini tentunya akan memberikan rasa aman sepenuhnya kepada para pembeli dalam berbelanja online.

4. Customer Reward
Setiap tahun atau periode tertentu, sebaiknya Shopious memberikan reward atau penghargaan kepada pembeli yang loyal atau pembeli dengan pembelian terbanyak selama periode tersebut. Hal ini merupakan bentuk apresiasi Shopious kepada pembeli yang berbelanja melalui website Shopious. Reward tersebut dapat berupa pemberian hadiah, voucher belanja, dan sebagainya.

Demikian beberapa kritik dan saran dari saya. Semoga menjadi masukan yang membangun bagi perkembangan Shopious ke depannya. Harapan saya, semoga Shopious semakin maju dan tetap memberikan pelayanan dan kepuasan yang maksimal kepada para pembeli, serta tetap mengedepankan kualitas pastinya.






1 komentar: