Kamis, 22 Juni 2017

Lebih Hepi dan Siap dalam Menjalani Puasa Ramadan


Ke pasar membeli minyak,
belinya lewat Tol Cipali.
Situs belanja online emang banyak,
tapi cuman Elevenia yang nyantol di hati.
Eaaahhhh ....

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, sobat-sobat!

Masih semangat kan puasanya? Jangan sampai nyerah sama rasa lapar, haus, dan hawa nafsu yah! Bagi kita yang sudah memenuhi syarat untuk berpuasa, malu dong tidak berpuasa dengan dalih tidak kuat! Tetap kobarkan api semangat dalam berpuasa! Jangan sampai melambaikan bendera putih sebagai simbol menyerah atau melambaikan tangan ke kamera karena nggak kuat berpuasa, hehehe ...

Bulan Ramadan itu bulan yang super spesial. Sungguh sangat disayangkan jika kita melewatkannya begitu saja. Saya pun sadar betul akan hal tersebut. Makanya, saya yang selalu menyambut bulan tersebut dengan penuh suka cita wajib melakukan beberapa hal agar bisa menunaikannya secara maksimal, sehingga saya bisa memperoleh semua manfaatnya, dan pastinya membuat momen Ramadan menjadi lebih bermakna buat saya pribadi. Amin!

Mau tahu apa saja persiapan saya dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan ini? Yuk kepoin!

1. Berniat Berpuasa Sepenuh Hati
Berniat dengan sepenuh hati tentunya akan memotifasi kita untuk melakukan segala aktifitas dengan maksimal, termasuk dalam hal ibadah puasa. Seperti pada bulan-bulan Ramadan sebelumnya, dengan berdasar pada keyakinan bahwa ibadah puasa itu wajib hukumnya dan memiliki banyak manfaat, di Ramadan kali ini saya berniat sungguh-sungguh untuk mengerjakan ibadah puasa, menjalankannya dengan penuh suka cita dan rasa syukur, serta merasa optimis bahwa saya mampu mengerjakannya selama sebulan penuh tanpa halangan yang berarti. Semangat!

2. Tetap Produktif di Siang Hari
Di bulan Ramadan ini, saya berusaha untuk tidak bermalas-malasan kayak kebo dengan tiduran sambil melihat jam berulang-ulang hingga waktu berbuka puasa. Saya merasa bahwa hal itu justru akan membuat rasa lapar, haus, dan lemas semakin terasa. Saya berusaha untuk tetap produktif di siang hari dengan melakukan semua aktifitas seperti biasa atau mengerjakan berbagai kegiatan bermanfaat lainnya.

Saya yang berprofesi sebagai seorang pengajar pastinya tidak ingin terlihat lemas saat mengajar di depan para siswa selama bulan Ramadan. Saya berusaha untuk tetap aktif dan maksimal dalam mengajar seperti biasa. Bagi saya, berpuasa tidak seharusnya mengurangi produktifitas kerja seseorang. Lagipula, pekerjaan halal yang dikerjakan secara tulus pastinya akan bernilai ibadah. Bermalas-malasan hanya akan membuat ibadah puasa menjadi kurang berarti. Benar nggak?

3. Memperbanyak Ibadah
Mengerjakan shalat Taraweh di setiap malam bulan Ramadan seakan membuat saya bernostalgia ke masa kecil saya dulu yang selalu ceria saat berangkat shalat Taraweh bareng teman-teman masa kecil yang kemudian disusul dengan bermain kembang api dan petasan. Tak jarang saya mendapat omelan karena melempar petasan ke arah orang-orang dewasa. Ups, ketahuan deh bandelnya, hehehe ...

Shalat Taraweh merupakan salah satu bentuk ibadah di bulan Ramadan. Saya sadar bahwa mengisi bulan Ramadan dengan memperbanyak ibadah sangatlah dianjurkan mengingat semua amal ibadah kita akan dilipatgandakan di bulan tersebut. Makanya, saya berusaha untuk bisa beribadah secara maksimal. Tak lupa saya mengajak keluarga dan sahabat untuk beribadah, misalnya dengan Taraweh bareng, memberi bantuan ke panti asuhan, dan sebagainya. Berlomba-lomba dalam beribadah tentunya bisa mendatangkan banyak manfaat, baik untuk diri saya sendiri maupun orang lain. Yuk perbanyak ibadah!

4. Ngabuburit Seru
Ibarat berbuka puasa tanpa es buah, bulan Ramadan tanpa ngabuburit itu rasanya kurang maknyus, hehehe ... Yups, ngabuburit atau jalan-jalan sambil menanti waktu berbuka puasa adalah kegiatan seru yang wajib saya lakukan di bulan Ramadan. Saking serunya, ngabuburit bisa membuat saya lupa akan rasa haus dan lapar selama berpuasa. Selain itu, ngabuburit bisa mempererat hubungan kekeluargaaan atau keakraban, baik dengan anggota keluarga, sahabat, maupun rekan kerja saya. Fun-nya dapat, rasa kebersamaannya juga dapat. Ngabuburit memang sangat menyenangkan.

(Menonton film di bioskop menjadi kegiatan ngabuburit favorit saya)
Di kota tempat tinggal saya tinggal, banyak tempat-tempat seru yang bisa saya kunjungi buat ngabuburit, baik di pantai, pusat perbelanjaan, taman kota, dan sebagainya. Saya sendiri sangat senang menghabiskan waktu sore di bulan Ramadan dengan menonton film-film terbaru di bioskop, termasuk film-film bertema religi atau Ramadan yang biasanya tayang di bulan Ramadan. Tak lupa saya mengajak keluarga dan sahabat biar lebih seru. Hal yang paling saya suka adalah ketika waktu berbuka puasa tiba sesaat setelah filmnya selesai. Mantap abis!

5. Menjaga Kesehatan
Jatuh sakit di bulan Ramadan? Jangan sampai deh! Secara, bulan Ramadan itu bulan yang penuh berkah dan pahala. Sungguh sayang jika saya tidak bisa melakukan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lain di bulan Ramadan karena jatuh sakit. Saya pun berusaha betul untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah jatuh sakit. Untungnya, hidup sehat selama bulan Ramadan itu bagi saya tidak terlalu sulit.
 
(Jogging sambil mendengarkan musik bikin saya tetap sehat dan hepi selama berpuasa)
Berpuasa bukan penghalang bagi saya untuk berolahraga. Berolahraga ringan seperti jogging sambil mendengarkan musik pastinya sangat sehat dan juga menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama-sama dengan keluarga, sahabat, ataupun tetangga. Tak lupa saya tetap mengkonsumsi makanan bergizi agar tetap sehat dan bertenaga saat berpuasa di siang hari. Tidur yang cukup di malam hari pun sangat penting agar saya bisa tetap fit selama bulan Ramadan.

6. Shopping di Elevenia

Berbelanja pakaian baru di bulan Ramadan atau menjelang lebaran memang tidak wajib, tapi bagi saya rasanya tidak lengkap, hehehe ... Selama masih ada rejeki dan tetap bijak dalam berbelanja, kenapa tidak? Lagipula, kita bisa memperoleh berbagai diskon dan penawaran spesial lainnya di bulan Ramadan, seperti yang ditawarkan oleh Elevenia, situs belanja online yang sangat saya rekomendasikan buat sobat-sobat yang ingin membeli berbagai produk dengan harga yang lebih murah.
 
(Tampilan aplikasi Elevenia pada smartphone saya)
Jika ditanya mengapa saya memilih berbelanja online di Elevenia, jawabannya tentu saja karena berbelanja di Elevenia tidak ribet dan menawarkan berbagai produk dengan harga yang lebih murah, sehingga bisa memberi kita kepuasan lebih dalam berbelanja online. Di bulan Ramadan ini, saya pun tidak ingin ketinggalan untuk mengenakan pakaian baru dengan berbelanja sebuah produk pakaian muslim berupa baju koko di Elevenia.
 
(Proses pembelian yang telah saya lakukan di Elevenia)
Dengan proses yang tidak ribet, saya bisa mendapatkan baju koko bermerek EASTRAY dari seller xagala.co seharga Rp. 125.000 tersebut. Meskipun harganya cukup terjangkau, baju koko berwarna putih tersebut tetap berkualitas dan keren untuk dipakai selama bulan Ramadan ataupun bersilaturahmi saat lebaran. Saat memesannya, saya hanya perlu membuka aplikasi Elevenia lewat smartphone saya, lalu melakukan pembayaran di cabang Indomaret yang lokasinya tepat di sebelah rumah saya. Simpel banget bukan?
 
(Baju koko yang telah saya order di Elevenia)
Bagaimana penampilan saya mengenakan baju koko dari Elevenia di atas? Pastinya terlihat keren kan? hehehe ... Sobat-sobat, ayo buat dirimu dan keluarga menjadi lebih hepi di bulan Ramadan ini dengan berbelanja produk-produk keren dari Elevenia yang pastinya lebih murah! Tidak percaya? Segera berbelanja dan buktikan sendiri!

Elevenia!
Klik, cari, hepi !

10 komentar:

  1. Wahh, Ramadhan semangat, tips biar puasa jln terus dng cara fun (apalagi blnja di elevenianya). banyak vouchernya lho elevenia, dr ongkir sampe diskon. Sy suka juga blnja di sana.

    Peni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih!Ikutan juga Lomba blog-nya kalo sempat! DL 7 Juli.

      Hapus
  2. Wahhh sangat rekomendasi banget belanja di Elevenia. Murah dan Produknya berkualitas banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Om. Memang harganya lebih murah dibanding toko online lain. Sy susah coba berbelanja.

      Hapus
  3. Nice tips masbro :D bermanfaat banget buat ngisi waktu :D

    BalasHapus
  4. Belanja di Elevenia memang bikin hepi 👍

    BalasHapus
  5. Belanja di Elevenia memang bikin hepi 👍

    BalasHapus